Sekolah Dasar

Tahun-tahun di bangku sekolah dasar merupakan saat terbaik untuk meletakkan pilar-pilar edukasi bagi para siswa agar mereka dapat mengembangkan potensi yang telah dianugerahkan Tuhan. Hal ini membuat jenjang sekolah dasar menjadi waktu yang krusial bagi siswa dimana mereka ditantang untuk memulai jenjang pendidikan yang lebih lanjut. Melalui setiap aktivitas pembelajaran, kami memastikan bahwa kebenaran firman Tuhan adalah jalan satu-satunya mencapai pengetahuan tertinggi. 

Tinjauan kurikulum

Di sekolah dasar Elyon, kami menggunakan kurikulum terintegrasi yang sepenuhnya dirancang untuk mendidik melalui fondasi pembelajaran yang  kuat dan kerangka Alkitabiah. Kami bertujuan untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik, seperti disiplin, menghormati, kesadaran dan kemandirian. Kebiasaan-kebiasaan ini sangat mendukung pertumbuhan dalam bidang intelektual, estetika, jasmani, kebudayaan, dan sosial. Serta membentuk siswa menjadi pribadi yang selalu mencari kehendak Tuhan dan bertanggung jawab atas panggilannya. 

Kurikulum Cambridge

Kami menggunakan Kurikulum Cambridge dalam pembelajaran bidang studi utama di kelas, yaitu Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan Informatika. Kurikulum Cambridge telah diakui secara internasional dan diaplikasikan mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Pembelajaran didukung oleh guru-guru yang telah tersertifikasi dan berkualitas sehingga memberikan pengalaman bersekolah yang menyeluruh dan berlandaskan kemampuan untuk berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan pengembangan diri. Di akhir dari kelas 6, siswa akan mengikuti ujian Cambridhe Primary Checkpoint sebagai tolok ukur performa mereka dalam standar internasional.

Flipped Classroom

Metode Flipped Classroom adalah metode pembelajaran yang memerlukan siswa  untuk mempelajari bahan pembelajaran di rumah menggunakan rangkuman ide-ide pokok yang sebelumnya telah diberikan. Bahan pembelajaran bisa berupa jurnal, catatan, video, diskusi online, dan lain-lain.  Selanjutnya, guru akan memperdalam pemahaman siswa terhadap topik yang dibahas melalui tugas-tugas, diskusi kelas, penelitian laboratorium, dan penjelasan mendalam. Metode Flipped Classroom ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh daripada kelas tradisional. Dengan menggunakan metode ini, siswa dapat mengembangkan soft skills yang sudah diajarkan, seperti berpikir kritis, memecahkan masalah, dan belajar mandiri dengan lebih natural.

 

JAM SEKOLAH

Kelas 1 – 3
Senin – Jumat : 07.45 -13.25

Kelas 4 – 6
Senin – Jumat : 07.45 -14.00

SUBJEK NASIONAL

SUBJEK CAMBRIDGE

  • Pendidikan Agama Kristen
  • Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • English as a Second Language
  • Mathematics
  • Science

ELYON SUBJECTS

UNAS PREPARATION

  • Mandarin
  • Physical Education
  • Coding and Robotics
  • Living Values Class
  • Performing Art
  • Literacy
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (Primary 4-6)
  • Ilmu Pengetahuan Alam (Primary 5-6)
  • Matematika (Primary 5-6)

 

 

 

Fostering a Love of Learning

Kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan akan belajar pada setiap siswa. Oleh karena itu, kami menyediakan kesempatan bagi siswa untuk bertanggung jawab, berpengetahuan luas, dan dapat mencapai potensi tertinggi mereka. Siswa didorong untuk bertanya, mengemukakan ide-ide, dan mengembangkan minat mereka. Kami memberika kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk bertumbuh sebagai pribadi yang spesial. kami percaya bahwa langkah ini sangatlah penting untu membangun fondasi yang kuat bagi perjalanan edukasi siswa.  

Nilai Kristiani

Di mulai dari Primary 1, siswa didorong untuk membaca alkitab dan merefleksikan Firman Tuhan melalui devosi pagi. Sekolah dasar adalah saat yang penting untuk meletakkan fondasi yang kuat bagi perjalanan pembelajaran siswa. Olhe karena itu, sangatlah penting memastika siswa memahami bahwa kasih Tuhan adalah sumber pengetahuan. Kami juga mengimplementasikan value-value sekolah dalam setiap mata pelajaran dan aktivitas kelas. Selain itu, siswa belajar untuk memberi dan berbagi berkat yang mereka terima melalui kegiatan amal dan Sheperd Leadership.  Program retreat dan pendidikan seksual juga dicanangkan untuk siswa kelas besar. Melalui program ini, siswa didorong untuk membangun relasi yang dekat dan intim dengan Tuhan. 

Program Pengayaan

Siswa dapat memperdalam minat mereka dalam bidang Matematika, Sains, dan Mandarin melalui program pengayaan. Program ini membantu mengajarkan life skills yang bermanfaat di luar kelas, seperti kepemimpinan, kerja sama tim, kemandiriian, dan tanggung jawab sosial.  Melalui Innovation Class, siswa dapat menyelidiki masalah umum secara ilmiah dan menciptakan solusinya. Bekerja sama dengan aplikasi pembelajaran berbasis game, Koobits, terbukti sukses meningkatkan minat anak-anak untuk belajar matematika, dan juga mengijinkan mereka untuk belajar di waktu senggang. Kelas-kelas Mandarin juga dirancang dengan aktivitas yang bervariasi untuk mendukung pemahaman lintas budaya, seperti perayaan festival dan apresiasi sastra.  

Pengembangan Holistik

Sekolah Dasar Elyon Christian School mengutamakan pendidikan yang utuh bagi siswa. Artinya, perkembangan jasmani, emosional, sosial, dan kognitif selalu diperhatikan secara seimbang. anak-anak didorong agar menjadi individu berpirkiran progresif yang meiliki kecakapan abad 21 yaitu giat belajar, berpikir kritis, berkolaborasi, ketrampilan berteknologi, dan ketrampilan hidup. Kelas living value mendorong siswa untuk menemukan identitas diri dan menciptakan mawas diri untuk membantu menghadapi masalah-masalah kehidupan. Melalui kelas performing art, siswa dapat mengekspresikan perasaannya melalui proses berkarya. Kelas kode dan robotik bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan teknologi sesuai perkembangan jaman. Siswa juga dapat belajar banyak melalui kelas kolaborasi yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata tentang bagaimana pelajaran di kelas diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  

Literasi

Dalam kehidupan sehari-hari kemampuan berliterasi dibutuhkan agar siswa dapat memhami dunia tulis-menulis. Literasi memegang peranan penting dalam mengubah siswa menjadi warga yang peduli terhadap lingkungan sosialnya. Pembelajaran literasi tidak seharusnya terbatas pada ketrampilan praktikal, namun juga melingkupi pembentukan ketrampilan berkomunikasi yang efektif dan ketrampilan digital sesuai dengan perkembangan jaman.  Melalui kegiatan morning pages, siswa didorong agar terbiasa membuat jurnal dan menulis kreatif. Siswa juga didukung agar menantikan jadwal kunjungan ke perpustakaan, dimana siswa dapat meminjam buku, membaca, dan berselancar di dunia maya secara aman.  Kegiatan silent reading bertujuan agar siswa dapat membaca buku kesukaan mereka sebelum kelas dimulai. Di kelas-kelas juga disediakan pojok membaca bagi siswa yang gemar membaca saat jam istirahat. 

Academic Calender