Prasekolah

Program pembelajaran pendidikan prasekolah di Sekolah Kristen Elyon menggunakan pendekatan tematik dalam lingkungan pembelajaran Kristiani. Sekolah Kristen Elyon mengutamakan pendidikan karakter sesuai Alkitab dengan kurikulum tematik dengan memperhatikan kebutuhan dan gaya belajar anak-anak. Anak-anak diharapkan  mampu menguasai keterampilan akademis yang dibutuhkan, menjadi pelajar yang mandiri, berpikir kritis dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya, serta mengenal Yesus sebagai Juru Selamat dan meneladani karakter Kristus.

TINJAUAN KURIKULUM

Program kami memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri seutuhnya bagi anak-anak usia 1.5 – 6 tahun. Kegiatan-kegiatan dirancang sebagai media anak-anak untuk mengenal kasih Tuhan melalui cerita Alkitab, ayat-ayat hafalan, dan lagu pujian.  Anak-anak belajar mengenai prinsip-prisp karakter Kristen seperti mengasihi sesama, berbagi kebaikan, perhatian, dll. Dalam setiap area pembelajaran, anak-anak belajar untuk mengerti kasih Tuhan bagi mereka.

BERMAIN UNTUK BELAJAR

Kami percaya bahwa keseimbangan antara bermain dan belajar di prasekolah menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan di semua area, baik fisik motorik, sosial emosional, seni, bahasa dan kognitif. Hal ini dicapai dalam lingkungan Kristiani yang aman, nyaman dan penuh kasih dengan guru-guru yang berdedikasi untuk mempersiapkan anak-anak-anak menuju jenjang pendidikan formal

6 AREA PENGEMBANGAN
  1. Moral dan Agama
  2. Sosial emosional
  3. Bahasa
  4. Kognitive
  5. Motorik Fisik
  6. Seni

Pengalaman Belajar Personal

Setiap kelas kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing siswa. Kami memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan yang vital, seperti kolaborasi, memecahkan masalah, dan berpikir kritis. Siswa dapat belajar dengan cara yang berbeda, baik di dalam maupun di luar kelas, dan juga melalui kesempatan belajar digital.

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran di kelas disampaikan secara spesifik sesuai dengan usia siswa dengan merancang aktivitas tematik. Di dalam kelas telah disediakan sentra dimana siswa dapat belajar melalui eksplorasi, observasi, dan mengaplikasikan kemampuan mereka sesuai dengan tema yang dipelajari. Dalam setiap topik juga dikolaborasikan dengan ajaran alkitab, sesuai dengan tema. Kami memperkenalkan tokoh alkitab dan menjelaskan pesan dari cerita alkitab yang dibahas. Nilai-nilai dari value sekolah juga diimplementasikan ke dalam kurikulum untuk mendorong pembetukan karakter.

Seni dan Life skills

Setiap aktivitas dirancang untuk mengajarkan siswa life skills yang diperlukan untuk memecahkan masalah, bekerja sama, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. pendekatan ini dilakukan untuk mendorong pembentukan kemampuan berpikir kritis yang diperlukan saat mereka memasuki jenjang Primary. Siswa didorong untuk mengobservasi dunia di sekitar mereka dan menemukan permasalahan serta menjawab masalah tersebut dengan percaya diri. Kami juga memperkenalkan berbagai macam kesenian agar siswa belajar untuk mengekspresikan diri mereka dan menjadi kreatif melalui pelajaran seni yang diberikan (menari, paduan suara, teori musik, dan ensembel)

Kompetensi Berbahasa

Elyon Christian Preschool menyediakan pengalaman belajar yang menyeluruh dalam tiga bahasa; Inggris, Mandarin, dan Bahasa Indonesia untuk mengasah kemampuan berbahasa siswa dan mepersiapkan mereka di level pendidikan selanjutnya. Siswa mendapatkan kompentensi berbahasa mereka dalam tahapan yang tepat sesuai dengan usia dan didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan. 

Kami menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan juga memberikan pelajaran dasar berbahasa Mandarin. Siswa didorong untuk memperkaya kosa-kata dan ekspresi verbal mereka melalui dongeng, lagu, dan permainan peran. Siswa belajar phonic, tracing, dan membuat kalimat lengkap semenjak KB (Playgroup). Saat mereka duduk di bangku di TK (Kindergarten), siswa belajar membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, serta memperdalam pembelajaran Mandarin mereka. 

Kemampuan Sensori dan Motorik 

Aktivitas kelas di preschool berpusat pada pembentukan kemampuan sensori dan motorik siswa. Kemampuan sensori dan motorik merupakan dasar dari proses pembelajaran dimana anak mempersiapkan tubuh dan otak mereka untuk mempelajari sesuatu. Kami menggunakan metode Montessori untuk menyampaikan materi melalui praktek, sensori, matematika, dan bahasa. Kami memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan masing-masing dan memberikan perhatian penuh agar mereka mencapai kondisi terbaiknya. Aktivitas lain seperti olahraga, soft gym, dan permainan sensori membantu memperkuat koordinasi mata dan tangan serta motorik mereka sebelum mereka mulai membaca dan menulis. Siswa diperkenalkan kepada linkungan di sekitar mereka melalui melihat, mendengar, mencium, merasa, dan menyentuh. Selain itu, siswa juga didorong untuk menjadi mandiri, penuh perhatian, dan percaya diri di kelas sebagai bentuk dari persiapan sekolah.   

Academic Calender