Teacher in Action

by | 1 Jul 2018 | News

Pada tanggal 2 Mei 2018, enam guru Playgroup dan Kindergarten Elyon Christian School mengikuti lomba membuat Alat Peraga Edukatif (APE) yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Mereka adalah Ms. Evy Lindayana, Ms. Eliana Lieman, Ms. Debie Tresiani Kwalepa, Ms. One Remmayanti, Ms. Ika Sari, dan Ms. Deasy Arieyanthi. Tema yang diangkat adalah “Harmony in Diversity  of Surabaya” atau Suroboyoku Beragam, dengan tujuan mengajarkan pentingnya menjaga kerukunan antarkomponen dalam masyarakat Surabaya tanpa dibatasi oleh perbedaan kepada para siswa.

Ada dua buah karya yang dikirimkan untuk mengikuti perlombaan, yaitu Panggung Boneka Multifungsi dan 3D Interaktif Maket. Panggung boneka dibuat dengan memanfaatkan botol-botol dan kardus bekas dan memiliki empat tokoh utama. Mereka mengenakan pakaian tradisional yang mewakili 3 etnis mayoritas di Surabaya, yaitu Etnis Tionghoa, Etnis Madura dan Etnis Jawa. Dengan menggunakan role play berupa panggung boneka, siswa lebih tertarik mendengarkan penjelasan guru dan tetap fokus selama kelas berlangsung.

Karya kedua adalah maket kota Surabaya dalam bentuk 3 Dimensi yang menggambarkan landmark terkenal di Surabaya, seperti Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, dan Pasar Atom. Maket ini dilengkapi oleh 2 buah boneka Cak dan Ning yang digerakkan menggunakan magnet dan menjadi ikon yang memperkenalkan keindahan Surabaya. Tujuan utamanya adalah untuk melatih kemampuan motorik kasar siswa dengan menggerakkan boneka tersebut dan menjadi guide yang menceritakan fungsi landmark Surabaya tersebut. Dengan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif saat proses belajar, siswa akan lebih mudah mengerti dan mengingat materi yang disampaikan. Selain itu, siswa juga belajar tentang kebudayaan dan keberagaman penduduk di Surabaya, serta memperbanyak kosakata. Sama seperti karya pertama, maket 3 Dimensi ini juga dibuat menggunakan barang-barang bekas seperti, bungkus makanan, kardus, dan botol plastik.

Pada akhirnya, 3D Interaktif Maket berhasil meraih Juara I dan Panggung Boneka Multifungsi berhasil meraih Juara II. Selamat kepada para guru, teruslah berkarya!